25 Mei 2023   09:09 WIB

WASPADA KEKERINGAN !

WASPADA KEKERINGAN !

WASPADA KEKERINGAN !

Kekeringan merupakan kondisi disuatu wilayah yang mengalami kekurangan pasokan air dalam kurun waktu yang lama sehingga dapat memberikan dampak yang negatif pada kehidupan. Dalam definisi lain kekeringan adalah suatu keadaan yang terjadi akibat kekurangan air dalam hal ini biasanya dikonotasikan dengan kekurangan air hujan (Raharjo,2010). Dampak dari kekeringan antara lain kurangnya sumber air, tanaman dan hewan banyak yang mati, terjadi kelaparan masal akibat ladang pertanian yang tidak mendapatkan pasokan air yang cukup untuk irigasi, lingkungan yang kotor hingga timbul berbagai macam penyakit.

Kekeringan dapat disebabkan oleh kondisi topografi suatu wilayah. Keadaan relief topografi akan mempengaruhi sistem pengaliran suatu daerah, kondisi hidrologi dan daerah tangkapan hujan (Husen dkk,2020). Semakin tinggi suatu daerah maka udaranya semakin dingin sehingga kemampuan untuk menahan uap air lebih tinggi dibanding dengan daerah yang lebih rendah sehingga intensitas terjadinya hujan lebih tinggi.

Faktor penyebab kekeringan yang lainnya antara lain pemanasan global, minimnya ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan untuk menyerap air hujan ketika musim penghujan tiba, sumber mata air yang jauh dari pemukiman atau letaknya jauh didalam tanah.

Langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebelum terjadinya kekeringan antara lain:

  1. Menggunakan sumber daya air secara efektif dan efisien
  2. Melakukan tanam pohon sebanyak mungkin
  3. Membuat tempat penampungan air hujan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar
  4. Membuat resapan air dengan tidak menutup permukaan tanah dengan keramik atau media lain yang dapat menghambat masuknya air kedalam tanah.

Tentu saja langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga masyarakat akan mendapatkan hasil yang optimal. Adapun yang dapat dilakukan saat terjadinya bencana kekeringan antara lain:

  1. Menyediakan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dengan mobil tangki yang telah disediakan oleh dinas terkait
  2. Membuat sumur bor
  3. Melakukan penyemaian hujan buatan

 


Info